Status Saya Adalah K/1

Saya ini orangnya pemalas. Malas berolahraga. Jangan tiru saya. Namun demikian kalau ada acara kantor yang di dalamnya ada kegiatan jalan santai, setidaknya saya ikut. Termasuk agenda pagi ini.

Adalah acara JUS SEGAR. Merupakan kepanjangan dari Jumat Sehat Gembira (atau Bugar yah?). Ini pembaruan dari istilah lama: Jumat Bugar. Pagi ini rupa kegiatannya adalah jalan santai. Menelusuri trotoar dan tepi jalan mengelilingi kantor. Buat saya, lumayan. Daripada tidak berolahraga sama sekali.

Tuntas jalan santai, acara berlanjut sarapan bersama di aula kantor. Berikutnya perkenalan pegawai anyar yang baru masuk lewat mutasi nasional awal tahun ini. Selesai perkenalan, mereka nyanyi bersama. Lagu yang berasal dari tiga suku berhasil mereka kolaborasikan dengan baik: Suku Jawa, Minang, dan Batak.

Kegiatan Jumat pagi ini masih belum selesai. Berikutnya adalah acara MOTIVASI (Morning Activity, Inspirasi, Evaluasi, dan Sinergi) dan arahan serta sosialisasi ICV 2024. Arahan dan sosialisasi disampaikan oleh Kakanwil DJP Riau.

“Teman-teman kita yang baru ini, baru saling kenal sekitar satu Minggu. Tapi sudah bisa berkolaborasi menyanyikan lagu dengan baik,” Pak Ahmad Djamhari selaku kakanwil membuka arahannya. “Apalagi bapak-ibu yang sudah lama bergabung di Kanwil DJP Riau ini, tentu sudah harus bisa berkolaborasi dalam menjalankan tugas dan pekerjaan kita,” lanjut Pak Adjam, panggilan akrab Kakanwil.

Sebagaimana dipaparkan Kakanwil, ada beberapa perubahan dan penyempurnaan program ICV tahun 2024 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adalah Penguatan Knowing Your Team, Keeping Ahead Together (KYT KAT).

Program itu bertujuan agar atasan langsung maupun bawahan dapat saling mengenal dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas kedinasan maupun dalam pergaulan sehari-hari sehingga dapat membentuk tim kolaborasi kerja yang solid serta menciptakan suasana kerja yang kondusif dan transparan. Aktivitas itu terdiri dari Knowing Your Employee (KYE) dan Knowing Your Leader (KYL).

Program itu merupakan pengembangan dari program sebelumnya yang hanya berupa pemahaman atasan ke bawahan (KYE) saja, mulai tahun ini ditambah dengan sebaliknya: pemahaman bawahan terhadap atasan.

Semoga program KYE itu dapat diimplementasikan dengan baik juga dalam hal mutasi. Agar tidak ada kasus pegawai yang sedang dalam keadaan sakit malah dipindahkan jauh dari homebase. Jauh dari keluarga yang merawat. Alih-alih sembuh, justru sakitnya kian parah.

Acara meriah Jumat pagi ini ditutup dengan DELIBERASI (Deklarasi Benturan Kepentingan Seluruh Pegawai).

Oh iya, dalam acara perkenalan pegawai baru sebagaimana diceritakan di atas, masing-masing pegawai baru menyebutkan status keluarga masing-masing. Ada yang TK (tidak kawin), ada K/0 (kawin belum punya anak), dan lain-lain. Saya sendiri berstatus K/1. Kakek dengan satu cucu.

Pekanbaru, 19 Januari 2024

Tinggalkan komentar